Thursday, May 16, 2013

Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Lain


HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU-ILMU LAIN

1.            Hubungan Filsafat dengan Ilmu Administrasi
Ilmu administrasi negara disebut juga ilmu administrasi publik yaitu ilmu yang mempelajari seluruh aspek-aspek yang berjalan dalam setiap kegiatan birokrasi di negara ini. Hubungannya dengan filsafat adalah dalam menjalankan kegiatan negara diperlukan nilai-nilai pengambilan keputusan publik yang realistis (filsafat) yaitu menurut kenyataan, kebenaran dan  sesuatu yang pasti sehingga dapat mencapai tujuan yang di inginkan.

2.            Hubungan Filsafat dengan Ilmu Sosial
Hubungan ilmu filsafat dengan ilmu sosial sangat erat kaitannya karena ilmu sosial menelaah atau mempelajari masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. Oleh karena itu, Dalam menelaah masalah-masalah tersebut kita harus mempunyai pengetahuan tentang segala yang ada dan merupakan kebenaran yang asli (Plato).

3.            Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan Alam
Hubungan ilmu filsafat dengan Ilmu Pengetahuan Alam yaitu saling melengkapi karena sama-sama merupakan ilmu pengetahuan yaitu sama-sama melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan (realitas) tentang gejala-gejala alam melalui ilmu pengetahuan. Ilmu Pengetahuan Alam mengisi filsafat dengan sejumlah besar materi yang aktual (benar-benar terjadi/ada) dan deskriptif  yang sangat perlu dalam pembinaan suatu filsafat. Dalam melakukan penyelidikan harus ada kebenaran yang didalamnya terkandung ilmu metafisika, logika, retorika, etika dan estetika (Aristoteles). Dengan kata lain fungsi filsafat dalam Ilmu Pengetahuan Alam adalah mengembangkan pengertian tentang strategi dan taktik Ilmu Pengetahuan Alam.Mamfaat Mempelajari Filsafat

No comments:

Post a Comment